Monday, June 23, 2014

Ketika Anak-Anak Mencintai Aktifitasnya #2


Apa sih yang gak dilakukan oleh anak-anak? Hampir setiap hari anak-anak menyukai aktifitas-aktifitasnya. Namanya juga anak-anak pasti mempunyai segudang aktifitas. Terlebih-lebih aktifitas yang disukainya, anak-anak sangat suka dengan hal yang menarik perhatiannya. Ketertarikannya itu pasti akan ditelusuri dan dipelajarinya sendiri. Rasa ingin tahunya dengan hal yang baru dan menarik ini, mereka pasti akan bertanya lebih dengan kita.

Seperti Baby, anak ke 2 saya. Baby tidak pernah bosan dengan aktifitas kesehariannya. Setelah pulang sekolah banyak betul yang baby lakukan dirumah. Mulai dari merapikan pernak-pernik atau mainannya, narsis dan selfie sambil berpose bagaikan model di kameranya, bergaya dan bernyanyi sambil mem-videokannya hingga membaca buku cerita atau koran yang ada dirumah.


Yang sangat disukai Baby saat ini membaca. Hampir sebagian buku cerita, Baby tuntaskan sampai selesai bacanya. Bahkan Baby juga bisa menceritakan ke Adel adiknya tentang isi buku cerita tersebut dengan versinya.


Baby menyukai membaca sejak masih di TK A. Karena Baby sudah lancar membaca, akhirnya Baby merengek minta untuk dimasukan ke sekolah dasar (SD). "Mom, aku masuk SD aja. Aku kan udah bisa baca..." Alhasil, setelah TK A Baby lansung saja saya masukan ke SD. Sekarang Baby sudah duduk di bangku kelas 1 SD dan akan naik ke kelas 2 SD. Selama setahun belajar dan menjadi anak SD kelas 1, membaca Baby semakin hari semakin lancar. Bahkan membaca Baby lebih lancar di banding kakaknya Cita yang sudah duduk di bangku kelas 3.


Ibu gurunya pun senang melihat prestasi Baby yang lancar membaca, karena sebagian teman kelasnya masih banyak yang belum pandai membaca. Dan Baby juga sangat memperhatikan apa yang Ibu gurunya terangkan di sekolah, sehingga Baby memahami betul pelajaran yang di beri Ibu gurunya. Baby memang anak yang pendiam, suaranya pun tak pernah terdengar oleh Ibu gurunya. Tetapi ketika disuruh untuk membaca, dengan suara lembut Baby membacanya dan sangat jelas tanpa takut mengeja bacaannya.

Alhamdulilah. Dengan seringnya saya mengajak ke toko buku dan memperkenalkan buku kepada Baby, sekarang Baby gemar membaca. Buku, koran bahkan tulisan-tulisan yang ada di televisi atau di jalanan pasti akan dibaca oleh Baby dengan jelas. Jika ada kata-kata yang tidak dimengertinya, Baby langsung menanyakan kepada saya atau ayahnya.


8 comments:

  1. Kecintaan pada buku memang harus dipupuk sejak dini ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. :) Terima kasih dah mampir.. :)

      Delete
  2. Aiiihhhh tante kok malah gagal fokus krn terpesona liat header moms ya, kecee bingiittt ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhhhh... *melayangmodeon ckckckckckc...

      Delete
  3. kecil-kecil suka baca, bagus baby ;)

    ReplyDelete
  4. Aaah Baby cantik, kemarin waktu ketemuan koq gak bacain buku untuk tante Sary siih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante.. Tante.. Aku kankemarin masih malu.. Aku malu.. Aku malu tante... :p

      Delete