Thursday, November 6, 2014

Tergoda Goda-Gado Bon-Bin

Dok. Pribadi

Gado-gado adalah menu yang sangat saya suka dan selalu dirindukan. Manis, asin, gurih dan segarnya itu selalu bikin saya kangen untuk menikmatinya. Apalagi, ini merupakan makanan yang sangat sehat untuk di konsumsi setiap hari karena isinya terdiri dari berbagai macam sayuran. Rasanya pun tak kalah enak dengan salad makanan khas orang bule, yang berbeda cuma sausnya saja. Kalo gado-gado sausnya memakai kacang, sedangkan salad sausnya bisa memakai mayonais, perasan jeruk lemon, minyak zaitun atau cuka (vinegar).

Kali ini saya ingin bernostalgia dengan gado-gado yang sering saya kunjungi sejak kecil dengan ibu tercinta. Saya dikenalkan gado-gado ini oleh ibu saya karena gado-gado ini favoritnya.

Sebetulnya gado-gado ini legendaris betul disini. Bertempat di kawasan Cikini tepatnya di Jl. Cikini IV No. 5 warung gado-gado ini berdiri. Dan gado-gado ini sangat melegendaris sejak dulu, pemiliknya (Lanny Wijaya) pun menamakan warungnya dengan nama 'Gado Gado Bon-Bin'.

Bon-Bin? Bukannya itu sebutan Kebun Binatang???

Dahulu kawasan Cikini ini bukanlah sebuah tempat yang padat dengan ruko-ruko dan perkantoran seperti sekarang. Di kawasan Cikini dulu adalah sebuah tempat rekreasi keluarga. Sebelum berpindah di Ragunan - Pasar Minggu, Cikini adalah kebun binatang pertama yang ada di Jakarta. Karena warung gado-gado ini berdiri sejak tahun 60-an jadi nama warungnya gado-gado Bon-Bin deh. Pada tahun 60-an Jl. Cikini IV adalah Jl. Kebun Binatang III.

Sumber. Wikipedia

Yuk, mari kita lanjut. Berhubung hari ini saya mengantar anak pertama saya les musik dan tempat lesnya di daerah Cikini, jadi saya langsung melipir ke warung gado-gadonya. Dari pada bengong nungguin Cita les mending makan gado-gado dulu, kebetulan warungnya pas percis di samping gedung les musiknya Cita. :)

Ada beberapa warung gado-gado disini, tapi saya masih mengenali warung gado-gado favorit ibu. Dan masih sama seperti dulu, yang beda cuma Encihnya saja sudah terlihat keriput dan semakin tua. Hehehehe. Warung yang sederhana ini langsung saja saya masuki dan bilang "Cih, gado-gadonya satu ya gak usah pakai lontong". Dan Encih pun langsung melayaninya.

Dok. Pribadi


Di warung ini bukan hanya gado-gado saja menunya tapi menu lainnya pun ada juga disini, seperti asinan, lontong cap go meh, mie ayam, es cendol dan masih banyak yang lainnya. Dan yang tak kalah menarik disini adalah es cendolnya yang berwarna merah muda loh, tapi sayang saya lagi gak mesen es cendolnya. Hehehehehe.


Dok. Pribadi

Karena saya datang sesudah makan siang jadi saya tak perlu mengantri untuk menunggu giliran dan sepiring gado-gado pun menghampiri diri saya. Selamat makan. Gado-gado siram saus kacang ini masih sama seperti dulu rasanya, didalamnya banyak tersembunyi sayuran yang sudah di rebus yang menyehatkan. Ada bayam, tauge, kol, potongan tahu dan telur ayam kemudian disiram dengan saus kacangnya dan ditutup dengan taburan bawang goreng, emping dan kerupuk udang. Hmmmm... It's so yummy...

Dok. Pribadi

Yang berbeda dari gado-gado ini adalah siraman saus kacangnya yang kental, halus dan sangat lembut seperti selai kacang. Pokonya enak deh. Saya pun sempat menanyakan apa rahasianya dan Encih Lanny pun menjawab dengan santainya "Itu ya kacangnya saya pake kacang super tanpa kulit ya yang berkualitas, terus ya kacangnya dipilihin satu per satu yang  gak bagus dibuang karna kalo pake nanti bisa mempengaruhi cita rasa ratusan kacang yang pilihan. Abis itu ya baru kita sangrai kacangnya lalu digiling baru dimasak sampe keluar minyaknya".

Ternyata tahapan pemilihan kacang dan memproses sedemikian rupa ini juga merupakan bagian terpenting dalam pembuatan bumbu kacang untuk gado-gadonya. Jadi yang mau icip-icip dijamin tidak pernah merasakan pahitnya kacang yang gosong, biasakan kadang ada juga penjual gado-gado yang goreng kacangnya keangusan masih aja dipakai. 

Yuk, pecinta gado-gado yang belum coba mampir ke warung gado-gado Bon-Bin.  Lokasi warungnya strategis karena warung  milik Encih Lanny gampang ditemukan dan jalanannya pun di seberang Laba-Laba Cikini.

Selamat mencoba ;)


4 comments:

  1. salah masuukk niih...
    aku lagi dieeet mayoo liat gado2 jadi ngiler banget :(
    duuh gado-gadooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah diet.. pola makannya aja diatur... yuk cobain sehat ko.. ;)

      Delete