Tuesday, June 9, 2015

Berdoa Sejak Kecil


Mengajari anak-anak dari kecil untuk mengenal agama merupakan salah satu kewajiban orang tuanya. Mengajarkan kehidupan beragama sedini mungkin sangat dianjurkan, karena memberikan efek yang lebih baik untuk perkembangan anak dan juga mengajarkan pendidikan agama sejak dini lebih mudah daripada anak mengenal agama saat mereka dewasa nantinya.
Berdoa contohnya, berdoa bisa menjadikan awal kita mengajarkan pada anak-anak tentang agama. ketika kita sedang berdoa, usahakan kita sering mengajak anak-anak untuk ikut serta. Memang tidak mudah ketika menjelaskan hubungan manusia dengan Allah kepada anak-anak yang masih kecil. Namun melalui aktivitas berdoa, lama-kelamaan aktivitas berdoa ini akan menempel pada kebiasaan anak-anak kita seiring dirinya tumbuh berkembang.

Kenapa saya menuntunnya untuk berdoa?

Karena saya ingin menuntun anak-anak untuk berdoa sebagai ajaran agama. Dan agama apa pun pastinya sama kita dituntun untuk berdoa agar berkah dan lancar menjalankan aktivitas dan hal yang lainnya.

Saya selalu mengajarkan anak-anak bagaimana gerakan / bacaan ketika berdoa atau beribadah. Walau pun di sekolahnya ibadah atau pelajaran agama sangatlah dituntut untuk bisa, tapi saya selalu menyempatkan diri untuk mengajak anak-anak melakukan ibadah bersama. Saya selalu ingin memberikan pengalaman ibadah sebagaimana saya beribadah.

Hal ini juga tentu mendorong anak-anak untuk semakin bersemangat setiap menjelang melakukan rutinitas ibadahnya. Selain mengajarkan tentang tata cara berdoa, dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang bisa saya hubungkan dengan kehidupan beribadah saya sedikit demi sedikit memberikan wawasan tentang agama.

Dan terbukti kepada anak-anak saya, mereka tanpa disuruh selalu melakukan berdoa dimana pun mereka inginkan. Anak-anak menyukai setiap mereka berdoa karena memberikan mereka banyak hal yang positif.

Jadi siapkan untuk hari esok anak-anak dengan bekal ilmu agama dan ilmu akademik yang baik agar tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan berakhlak.

2 comments:

  1. Replies
    1. Aku juga sama seperti perasaanmu nengnong.... Akhhhhhh...

      Delete